Home » » Berobat TB Gratis di Seluruh Indonesia

Berobat TB Gratis di Seluruh Indonesia

Written By Aisyiyah Peduli on Rabu, 07 November 2012 | 03.55

Penyakit Tuberkulosis (TB) telah merenggut ribuan nyawa di Indonesia. Untuk menyelamatkan penderita penyakit yang menyebar melalui udara ini, pemerintah telah menggratiskan pengobatan TB di Puskesmas dan rumah sakit seluruh ­Indonesia.

Demikian disampaikan Ke­pala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Herry Darsim Gaffar saat membuka acara Jalan Sehat memperingati Hari Tuberkulosis se-Dunia 2012 di Lapangan Syekh Yusuf, Sungguminasa-Gowa, Minggu, 15 April.

Dia menjelaskan, semesti­nya tidak boleh ada lagi rakyat Indonesia yang meninggal karena TB. Sebab, TB dapat dideteksi, diobati/disembuhkan dengan minum obat sampai tuntas.

Pemerintah pun dibeberkannya telah menyediakan sarana pemeriksaan dan pengobatan TB di seluruh Indonesia, baik di puskesmas maupun di rumah sakit.

“Di samping itu, seluruh biaya pengobatan TB di fasilitas pelayanan kesehatan Pemerintah dijamin oleh Pemerintah,” ujar Herry.

Acara Jalan Sehat digelar Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Gowa bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa. Jalan Sehat ini dihadiri oleh sekitar 2000-an peserta yang berasal dari berbagai kalangan, baik dari instansi pemerintah, maupun organisasi Masyarakat.

Beberapa unsur pejabat Kabupaten Gowa nampak hadir, demikian pula Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sulsel, Nurha­yati Azis, beserta jajarannya.

Herry menyampaikan, penularan TB terjadi melalui udara yang mengandung percikan dahak penderita TB. Namun, seseorang yang tertular kuman TB tidak serta merta terjangkit, bergantung pada sistem kekebalan tubuhnya. “Karena itu, jagalah kekebalan tubuh kita dengan menjaga kesehatan dan menerapkan 6 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti makan teratur, dengan menu seimbang, serta cukup sayur dan buah; menjaga kebersihan diri dan lingkungan hidup; berolahraga dengan benar, cukup, dan teratur; tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, dan tidak menyalahgunakan napza; beristirahat cukup dan teratur; dan segera berobat jika sakit,” jelas kandidat Doktor Universitas Hasanuddin ini.

Rilis Berita Dari: cakrawalaberita.com
URL : http://cakrawalaberita.com/metro-makassar/berobat-tb-gratis-di-seluruh-indonesia
Tanggal Terbit : senin, 16 April 2012
Share this article :

Terpopuler

 
Bersama TB Aisyiyah Sulsel
Membangun Kemandirian Masyarakat Berantas Tuberculosis
Copyright © 2012 - 2017. Aisyiyah Peduli - All Rights Reserved