Home » » Kemiskinan Gagalkan Penyembuhan TB

Kemiskinan Gagalkan Penyembuhan TB

Written By Aisyiyah Peduli on Rabu, 07 November 2012 | 03.59



Penyebab utama gagalnya upaya penyembuhan pasien penyakit Tuberkulosis atau TB adalah faktor kemiskinan. Warga yang hidup di garis kemiskinan sulit memperoleh akses informasi penanggulangan yang tepat dan kurang menaati prosedur pengobatannya.

Pentingnya penyampaian informasi penanggulangan penyakit TB membuat Pengurus Wilayah (PW) Aisyiyah Sulsel bekerja sama Dinas Kesehatan Sulsel menyosialisasikan pencegahan serta pengobatan TB.
Kegiatan bertajuk Training on Religious Leader Community ini digelar di Gedung Serbaguna Aisyiyah, Jalan Gunung Bulusaraung, Sabtu, 29 Mei.

Pelatihan untuk menyebarluaskan informasi penanganan penderita TB melibatkan tokoh agama dari tiga wilayah yakni, Sidrap, Pinrang dan Makassar. Koordinator Sub Recipient TB Aisyiyah Sulsel, Harmaini Herman, mengatakan, tokoh agama media paling mudah melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Tokoh agama Nahdatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah yang dihadirkan diajarkan cara mengenali gejala-gejala TB dan cara penanggulangan serta pengobatannya. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dr Anwar dari Dinas Kesehatan Sulsel dan Rahmija Kaduppa dari PW Aisyiyah Sulsel.

Harmaini mengatakan, pelatihan yang digelar merupakan kali kedua dilaksanakan dalam bentuk training untuk tokoh agama yang diharapkan dapat melakukan advokasi, memberikan informasi, serta pendidikan ke seluruh masyarakat dari berbagai eleman. Tujuannya agar masyarakat bisa melakukan pencegahan dan pengobatan.

"Salah satu cara penanggulangannya dengan strateagi DOTS atau Directly Observed Treatment Short Course. Metode ini merupakan pengobatan jangka pendek yang diawasi langsung dan menjadi rekomendasi WHO sejak 1995," jelasnya.

Hasil survei WHO menempatkan Indonesia peringkat ketiga dunia dengan angka penderita TB tertinggi setelah India dan China, sejak 1995 hingga sekarang . Penyakit ini menyebabkan 140.000 orang meninggal dunia setiap tahun atau 400.000 orang perhari. Sekitar 5,8 persen dari seluruh penduduk Indonesia terjangkit penyakit TB.

Rilis Berita Dari: metronews.fajar.co.id
URL : http://metronews.fajar.co.id/read/94063/61/index.php
Tanggal Terbit: minggu. 30 mei 2010
Share this article :

Terpopuler

 
Bersama TB Aisyiyah Sulsel
Membangun Kemandirian Masyarakat Berantas Tuberculosis
Copyright © 2012 - 2017. Aisyiyah Peduli - All Rights Reserved