Home » » Penderita TB di Sulsel Diklaim Menurun

Penderita TB di Sulsel Diklaim Menurun

Written By Aisyiyah Peduli on Rabu, 07 November 2012 | 04.03

Koordinator Program Sub-Sub Recipient (SSR) Aisyiyah Provinsi Sulsel, Wahri­yadi mengklaim penderita tuberculosis (TB) di Sulsel kini berkurang. Alasannya, selama tiga tahun terakhir jumlah penderita TB berkurang hingga mencapai 1.300 orang di tahun 2011.

Wahriyadi menyebutkan, pada tahun 2009 lalu Sulsel menempati urutan ketiga penderita TB. Selanjutnya tahun 2011 lalu, angka ter­sebut berhasil ditekan sehingga Sulsel menempati urutan kelima.

Nah, lanjut dia, pada tahun 2015 nantinya, Sulsel menargetkan bebas dari penyakit tersebut.

“Kami melibatkan seluruh komponen masyarakat dan organisasi kemasyarakatan untuk mengkampanyekan penanggulangan penyakit TB.

Hasilnya, penderita TB di Sulsel menurun drastis,” ungkap Wahriyadi usai menggelar senam sehat di Lapangan Lasinrang Kabupaten Pinrang, Jumat, 30 Maret.

Wahriyadi mengatakan, kegiatan seperti jalan sehat dan senam sehat merupakan salah satu rangkaian dari kampanye bebas TB se dunia. Untuk mencapai target dimaksud, ungkap dia, digalakkanya program kemandirian dalam penanggulangan TB oleh masyarakat.

Saat ini lanjut Wahriyadi, jumlah penderita sebanyak 99 persen telah dinyatakan sembuh sementara sepuluh persen di antaranya diketahui meninggal dunia.

“Khusus tahun 2011, dari 17 ribu suspect yang ada di wilayah Sulsel 1.300 di antaranya dinyatakan positif menderita TB,” terangnya.

Sementara itu Koordinator SSR Aisyiyah Kabupaten Pinrang, Sitti Nurhayati Haruna menambahkan, untuk Januari hingga Maret tahun ini, SSR kembali menemukan sekitar 30 penderita TB. “Pada tahun 2011 sebanyak 11 penderita TB meninggal dunia karena sudah komplikasi,” ujarnya.

Rilis Berita Dari : cakrawalaberita.com
URL : http://cakrawalaberita.com/daerah/penderita-tb-di-sulsel-diklaim-menurun
Tanggal Terbit : sabtu, 31 Maret 2012
Share this article :

Terpopuler

 
Bersama TB Aisyiyah Sulsel
Membangun Kemandirian Masyarakat Berantas Tuberculosis
Copyright © 2012. Aisyiyah Peduli - All Rights Reserved