Home » » Aisyiyah Gandeng Unismuh Meneliti Program TB

Aisyiyah Gandeng Unismuh Meneliti Program TB

Written By Aisyiyah Peduli on Jumat, 21 Desember 2012 | 17.43



Program TB Aisyiyah yang berbasiskan masyarakat sudah memasuki tahun ketiga. sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan. Untuk mendapat kunci sukses pelaksanaan program, maka dilakukan  kegiatan  penelitian operasional. Khusus di Sulsel, penelitian operasional akan melibatkan tim peneliti dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Tim ini sebelumnya melalui proses seleksi proposal oleh Principal Recipient TB Care Pimpinan Pusat Aisyiyah.
Tim peneliti yang terdiri atas 3 orang ini, dipimpin oleh Fatmawati, Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unismuh Makassar. “Penelitian operasional ini kami akan fokuskan pada peran Pimpinan Wilayah Aisyiyah dalam pembentukan dan pemberdayaan Komunitas Masyarakat Peduli TB di Sulsel,” papar Fatmawati.
Hingga saat ini Aisyiyah telah menginisiasi lahirnya Kelompok Masyarakat Peduli (KMP) TB di 3 Kabupaten/Kota, yaitu Makassar, Sidrap dan Pinrang. KMP dibentuk setelah melewati beberapa tahapan, diawali dengan Workshop Analisa Situasi TB, lalu dikerucutkan pada Pembentukan KMP melalui proses lokakarya. “Jadi pembentukan KMP betul-betul lahir dari kesadaran masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam penanggulangan TB. Sampai saat ini telah terbentuk 11 KMP se-Sulsel,” jelas Wahriyadi, Koordinator Program SR TB Care Aisyiyah Sulsel.
Wahriyadi berharap agar penelitian ini dapat menghasilkan rekomendasi yang bisa dilaksanakan oleh Aisyiyah maupun pihak KMP. Penelitian ini direncanakan akan mulai berjalan awal tahun 2013.
Share this article :

Terpopuler

 
Bersama TB Aisyiyah Sulsel
Membangun Kemandirian Masyarakat Berantas Tuberculosis
Copyright © 2012 - 2017. Aisyiyah Peduli - All Rights Reserved