Home » » Kader ‘Aisyiyah Temukan 217 Orang Penderita Tuberculosis

Kader ‘Aisyiyah Temukan 217 Orang Penderita Tuberculosis

Written By Aisyiyah Peduli on Rabu, 25 Juni 2014 | 00.13

Kepala SR TB Care 'Aisyiyah Sulsel


Makassar - ‘Aisyiyah terus menggalakkan program penanggulangan Tuberculosis (TB). Penyakit yang disebabkan oleh kuman mycrobacterium tuberculosis ini ditularkan melalui udara melalui percikan dahak penderita TB. Program ‘Aisyiyah Sulsel tersebut dipusatkan di 6 Kabupaten/Kota di Sulsel; Makassar, Sidrap, Pinrang, Gowa, Wajo dan Soppeng.


Kepala Sub Recipient (SR) TB Care ‘Aisyiyah Sulsel, Junaedah Rasyad menyampaikan bahwa dalam triwulan pertama (Januari-Maret) tahun 2014, kader-kader ‘Aisyiyah di 6 daerah tersebut telah menjaring 910 orang yang dicurigai (suspek) TB. “Diantara 910 orang tersebut, 217 orang diantaranya dinyatakan positif setelah melalui pemeriksaan dahak di Unit Pelayanan Kesehatan. Ini belum termasuk data temuan bulan April-Juni 2014,” jelas Junaedah, di Makassar (25/6).


Ia menambahkan, bahwa pada waktu yang sama, Bulan Januari-Maret 2014, jumlah penderita TB yang telah didampingi oleh para kader TB ‘Aisyiyah selama kurang lebih enam bulan juga menunjukkan hasil yang menggembirakan. “Dalam catatan kami, ada 119 orang yang telah dinyatakan sembuh. Para penderita ini telah meminum obat secara teratur dengan pendampingan para kader dan PMO (Pengawas Menelan Obat) yang telah kami latih,” tambah Dosen Akademi Kebidanan (Akbid) Muhammadiyah Makassar ini.


Junaedah menyampaikan rasa terima kasih dan kebanggaannya atas dedikasi yang telah ditunjukkan oleh para kader TB Care ‘Aisyiyah. “Semoga para kader senantiasa bersemangat. Insya Allah perjuangan ini akan menjadi amal jariyah bagi kita kelak,” tutupnya.

Share this article :

Terpopuler

 
Bersama TB Aisyiyah Sulsel
Membangun Kemandirian Masyarakat Berantas Tuberculosis
Copyright © 2012 - 2017. Aisyiyah Peduli - All Rights Reserved