Home » » ‘Aisyiyah Sulsel Luncurkan Program “Ramadan Peduli TB”

‘Aisyiyah Sulsel Luncurkan Program “Ramadan Peduli TB”

Written By Aisyiyah Peduli on Senin, 30 Juni 2014 | 16.44

Wahriyadi
Sub Recipient (SR) Community TB Care ‘Aisyiyah Sulsel meluncurkan program “Ramadan Peduli TB”. Program ini bertujuan untuk membangun kepedulian masyarakat dengan berbagi bersama penderita Tuberculosis (TB) selama bulan Ramadan, demikian tandas Koordinator Program SR Community TB Care ‘Aisyiyah Sulsel, Wahriyadi, Selasa (1/7/2014).

Wahriyadi mengungkapkan data WHO, bahwa Indonesia saat ini menempati urutan keempat kematian TB di dunia, setelah India, China dan Afrika Selatan. “Bayangkan 67 ribu orang mati setiap tahun akibat TB. Jadi tiap jam ada 52 orang yang meninggal karena penyakit tersebut. Sengaja kami menggunakan momentum Ramadan, agar ummat Islam mencanangkan jihad memerangi penyakit ini. Ini ancaman nyata terhadap kemanusiaan,” tegasnya.
 
Setiap masyarakat bisa berpartisipasi dalam program ‘Aisyiyah ini dengan berbagai cara. “Pertama, memberikan informasi kepada kami apabila menemukan orang yang dicurigai TB. Selanjutnya tim relawan kami akan menindaklanjuti informasi tersebut dengan mendatangi alamat orang yang diduga terjangkit penyakit tersebut,” pungkasnya.
 
Kedua, sambung Wahriyadi, program ini mengajak partisipasi masyarakat untuk membantu meringankan penderitaan pasien TB dengan memberikan donasi untuk membiayai pemberian gizi tambahan, hal ini sangat diperlukan untuk medukung kesembuhan pasien. Donasi juga akan digunakan untuk membiayai transportasi pasien TB, selama ini pengobatan TB di Puskesmas atau Klinik ‘Aisyiyah dapat diakses tanpa biaya. Namun, salah satu kendala yang dihadapi oleh pasien adalah tidak memiliki kendaraan sendiri atau kekurangan biaya transportasi untuk rutin memeriksakan diri dan atau mengambil obat.
 
“Program ini juga berorientasi mengetuk pintu hati para dermawan untuk membantu biaya bedah rumah pasien TB. Banyak rumah pasien yang mungkin kekurangan ventilasi atau menjadi tempat subur tumbuh berkembangnya kuman micobacterium tuberculosis. Sehingga setiap pasien TB berpotensi besar menulari orang yang tinggal serumah dengannya,” ungkapnya.
 
Ketiga, program ini juga mengajak partisipasi masyarakat untuk menjadi donatur bagi para relawan kami. Relawan kami selama ini bertugas untuk menjaring orang yang terduga TB, lalu membujuk dan menemani mereka untuk melakukan pemeriksaan ke Unit Pelayanan Kesehatan, sampai mendampingi pengobatan pasien hingga sembuh selama kurang lebih 6 bulan. “Tentu saja, selain mengeluarkan tenaga dan waktu, mereka juga masih harus merogoh kantong untuk biaya transportasi. Oleh karena itu, partisipasi  masyarakat luas sangat kami harapkan dalam menopang kerja relawan kami di lapangan,” tambahnya.
 
Bagi masyarakat yang terketuk hatinya membantu program ini, dapat mengirimkan donasinya melalui rekening ‘Aisyiyah Peduli 0362353839 (BNI Cabang Makassar)  atau menghubungi Tim “Ramadan Peduli TB” di Jalan Jend. M Yusuf No. 93 Makassar, nomor kontak 085 255 955 385.
Share this article :

Terpopuler

 
Bersama TB Aisyiyah Sulsel
Membangun Kemandirian Masyarakat Berantas Tuberculosis
Copyright © 2012. Aisyiyah Peduli - All Rights Reserved