Home » » Ramadhan, Relawan ‘Aisyiyah Gowa Tetap Semangat Berantas TB

Ramadhan, Relawan ‘Aisyiyah Gowa Tetap Semangat Berantas TB

Written By Aisyiyah Peduli on Jumat, 27 Juni 2014 | 00.19

Wasor TB Dinkes Gowa memberi pengarahan kepada Kader Aisyiyah
Sungguminasa -- Memasuki Bulan Suci Ramadhan, relawan penanggulangan Tuberculosis (TB) ‘Aisyiyah di Kabupaten Gowa tetap bersemangat melaksanakan tugasnya. Bagi para relawan ‘Aisyiyah tersebut, justru Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling mulia untuk memperbanyak amal kebajikan. Demikian tutur Kamaruddin, Koordinator Program Penanggulangan TB ‘Aisyiyah Kabupaten Gowa, di Sungguminasa (27/6).

Kamaruddin menjelaskan bahwa para relawan tersebut bertugas untuk menemukan suspek (orang yang dicurigai) terkena penyakit TB, lalu menemaninya melakukan pemeriksaan ke Unit Pelayanan Kesehatan. Apabila suspek dinyatakan positif sebagai penderita, maka tugas relawan selanjutnya adalah melakukan pendampingan terhadap pasien sampai dinyatakan sembuh. Proses tersebut memakan waktu kurang lebih enam bulan.

“Di Bulan suci Ramadhan ini, selain menggerakkan para kader relawan, kami juga akan memaksimalkan peran para tokoh agama dalam menyosialisasikan bahaya TB di tengah masyarakat. Kami juga punya program pemberian gizi tambahan bagi para pasien TB, dalam bentuk paket buka puasa,” tambah Kama, sapaan akrabnya.

Di Kabupaten Gowa, ‘Aisyiyah juga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemberantasan TB dengan pembentukan Komunitas Masyarakat Peduli (KMP) TB. Tercatat ada dua KMP yang telah difasilitasi pembentukannya oleh ‘Aisyiyah, yaitu KMP Surya Bajeng dan KMP Sipakainga’ Pallangga.

“Kami berharap momentum Ramadhan, membuat para dermawan bersedia menyalurkan infaqnya dalam pemberantasan TB. Obatnya memang sudah gratis, namun kadang banyak pasien tidak mampu mengakses Unit Pelayanan Kesehatan karena kendala biaya transportasi, ataupun proses penyembuhannya tidak didukung oleh asupan gizi yang memadai,” tutup Kama, yang juga merupakan salah satu Muballigh Muhammadiyah di Kabupaten Gowa.
Share this article :

Terpopuler

 
Bersama TB Aisyiyah Sulsel
Membangun Kemandirian Masyarakat Berantas Tuberculosis
Copyright © 2012. Aisyiyah Peduli - All Rights Reserved