Home » » ‘Aisyiyah Makassar Tantang Legislator Baru

‘Aisyiyah Makassar Tantang Legislator Baru

Written By Aisyiyah Peduli on Sabtu, 11 Oktober 2014 | 22.27


 “Di tengah pesatnya pembangunan fisik kota, ternyata tidak berbanding lurus dengan perhatian terhadap manusia yang menjadi penghuni kota ini. Pada tahun 2013 saja, ada 2.818 orang penderita TB di Makassar,”

Makassar- Anggota DPRD Makassar yang baru saja dilantik, mendapat tantangan dari ‘Aisyiyah Kota Makassar. Tantangan tersebut berupa harapan untuk lahirnya produk Peraturan Daerah yang mengatur tentang Penanggulangan Tuberculosis di Kota Makassar. Hal tersebut disampaikan Koordinator Program  TB Care ‘Aisyiyah Makassar, Rifqah Ma’mur, di Kantor Pusat Dakwah ‘Aisyiyah Makassar, Jl. Landak Baru, Kamis (9/10).
“Di tengah pesatnya pembangunan fisik kota, ternyata tidak berbanding lurus dengan perhatian terhadap manusia yang menjadi penghuni kota ini. Pada tahun 2013 saja, ada 2.818 orang penderita TB di Makassar,” urai alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas ini.
Rifqah melanjutkan, setiap penderita TB berpotensi menularkan penyakitnya minimal ke- sepuluh orang. “Kalau hal ini tidak segera ditangani secara maksimal, kami khawatir Makassar akan menjadi sarang penyakit Tuberculosis. Oleh karena itu, kader ‘Aisyiyah di Makassar juga bergerak membantu menemukan kasus TB. Sejak Januari-Agustus 2014, kader kami telah menemukan sekitar 146 orang penderita TB di Makasar,” jelasnya.
Untuk mendapatkan gambaran yang utuh tentang situasi Tuberculosis di Kota Makassar, ‘Aisyiyah melakukan penelitian bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Seminar hasil penelitian tersebut akan dilaksanakan pada hari Senin (13/10), di Kampus Unismuh Makassar, Jl. Sultan Alauddin.
 “Kami berharap anggota DPRD yang konsen di Komisi Kesehatan bisa hadir dan mendengarkan langsung pemaparan Tim Peneliti. Semoga hasil penelitian ini bisa menjadi bahan pertimbangan dalam merencanakan regulasi kesehatan, khususnya penyakit TB di Kota Makassar,” tutup aktivis ‘Aisyiyah Makassar ini.
Selain mengundang anggota DPRD Makassar, seminar ini juga akan menghadirkan Walikota Makassar, Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Kepala Dinas Sosial Makassar, Kepala Bappeda Makassar, Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar, Pimpinan Ormas/LSM, Tokoh masyarakat dan sejumlah elemen masyarakat lainnya.


Share this article :

Terpopuler

 
Bersama TB Aisyiyah Sulsel
Membangun Kemandirian Masyarakat Berantas Tuberculosis
Copyright © 2012 - 2017. Aisyiyah Peduli - All Rights Reserved