Home » » Tuberculosis Serang Usia Produktif

Tuberculosis Serang Usia Produktif

Written By Aisyiyah Peduli on Rabu, 29 Oktober 2014 | 23.04

Sungguminasa-Gowa. Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Gowa bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Seminar Hasil Penelitian Analisa Situasi Tuberculosis (TB) di Kabupaten Gowa. Kegiatan tersebut digelar di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Gowa, Jumat (24/10). Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan, sejak Juni 2014 hingga Agustus 2014.

Penelitian ini bertujuan mendapatkan data dan melakukan analisa mengenai kondisi penyakit TB, termasuk  tentang prevalensi TB, kebijakan terkait TB, penganggaran daerah untuk penanggulangan TB, kondisi layanan termasuk akses terhadap layanan kesehatan terkait TB, dan para pemangku kepentingan dalam penanggulangan TB, TB-HIV, TB-MDR. Analisa situasi TB ini juga untuk mengidentifikasi isu-isu dan beberapa kemungkinan dalam rangka menguatkan penanggulangan TB di Kabupaten Gowa.

Ketua Tim Peneliti, Arsyuni menjelaskan bahwa prevalensi Kabupaten Gowa tahun 2012 sebesar 91/100.000 penduduk. Kasus baru TB selama 2009 sampai 2013 juga menyasar pada kelompok usia produktif (usia 15-54 tahun). “Dari total kasus TB yang tercatat selama 2009-2012, 66,51% disandang oleh kelompok usia produktif,” tandas dosen Universitas Muhammadiyah ini.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Bappeda Gowa ini dihadiri oleh sejumlah Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Gowa, Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Community TB Care ‘Aisyiyah Sulsel, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Gowa dan sejumlah elemen masyarakat lainnya.

Share this article :

Terpopuler

 
Bersama TB Aisyiyah Sulsel
Membangun Kemandirian Masyarakat Berantas Tuberculosis
Copyright © 2012 - 2017. Aisyiyah Peduli - All Rights Reserved