Home » » Tuberculosis Rugikan Soppeng 4 Milyar

Tuberculosis Rugikan Soppeng 4 Milyar

Written By Aisyiyah Peduli on Selasa, 16 Desember 2014 | 21.23


Wakil Ketua DPRD Kab. Soppeng, H. A. Kaswadi Razak (Tengah), narasumber penyusunan Road Map Advokasi TB 'Aisyiyah Kabupaten Soppeng
Penyakit Tuberculosis (TB) yang menyerang penduduk usia produktif di Kabupaten Soppeng selama tahun 2013, menimbulkan kerugian sebesar 4 milyar rupiah. Demikian salah satu data yang terungkap dalam Rapat Perencanaan Isu Strategis dan Peta Jalan (Road Map) penanggulangan Tuberculosis (TB) ‘Aisyiyah Kabupaten Soppeng. Kegiatan ini digelar di Hotel Ada, Jl. Ksatria, Watansoppeng, Senin (08/12).
Koordinator Program TB Care ‘Aisyiyah Soppeng, Amriana Latief, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan rencana kerja kerja rinci yang menggambarkan apa yang harus dilakukan, bentuk kegiatan, serta rentang waktu yang dibutuhkan dalam penanggulangan TB di Kabupaten Soppeng.
“Dalam kegiatan ini kami mengkaji data penelitian analisa situasi TB yang dilakukan oleh Umpar. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, Kepala Bidang P2PL Dinkes Soppeng. Harapan kami terbangun sinergi dalam menyusun kebijakan penanggulangan TB di Soppeng,” tutur Amriana.
Sinergi antar beberapa komponen tersebut penting, karena jumlah penderita TB di Kabupaten Soppeng cukup besar. Berdasarkan data penelitian Analisa Situasi TB Kabupaten Soppeng yang dilakukan oleh Tim Peneliti Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR), jumlah penderita TB di Soppeng pada tahun 2011 sebanyak 2011, 270 orang, tahun 2012, 264 orang, sedangkan  tahun 2013 jumlah penderita TB sebanyak 238 orang.
Share this article :

Terpopuler

 
Bersama TB Aisyiyah Sulsel
Membangun Kemandirian Masyarakat Berantas Tuberculosis
Copyright © 2012 - 2017. Aisyiyah Peduli - All Rights Reserved