Home » » ‘Aisyiyah Bahas Strategi Perangi TB dalam Muktamar

‘Aisyiyah Bahas Strategi Perangi TB dalam Muktamar

Written By Aisyiyah Peduli on Senin, 27 Juli 2015 | 04.29

Penyakit tuberkulosis (TB) mulai ditemukan oleh Robert Koch sekitar 130 tahun lalu.  Sejak saat itu berbagai upaya penyembuhan dan penanggulangan penularan TB dilakukan.  Namun hingga saat ini, belum ada negara yang bebas dari TB. Dalam Global Report Tuberculosis 2014 yang dikeluarkan Organisasi kesehatan Dunia (WHO), pada 2013, diperkirakan ada sekitar lebih 9 juta kasus dengan TB di dunia, termasuk kasus TB pada penderita HIV. Penyakit ini adalah pembunuh nomor dua setelah HIV yang pada 2008 menyebabkan 1,8 juta kematian. Menyedihkan, bahwa sepertiga dari 9 juta kasus belum tersentuh pelayanan medis. Hal tersebut ditegaskan Kepala Sub Recipient (SR) TB Care ‘Aisyiyah Sulsel, Junaeda Rasyad, di Gedung Serbaguna ‘Aisyiyah, beberapa waktu lalu.
Junaeda melanjutkan, bahwa hal tersebut menunjukkan meski usia penyakit TB sudah  cukup tua, namun masih sulit membayangkan TB akan sirna dalam waktu dekat. “Bak ditelan ombak isu-isu seputar TB seperti mudah hilang dengan berita dan informasi lainnya. Bandingkan dengan penyakit penyakit lainnya seperti HIV-AIDS, flu burung, dan gizi buruk. Penyakit-penyakit ini seperti mendapatkan perhatian khusus dikalangan masyarakat yang berbanding terbalik dengan isu-isu TB,” pungkas Dosen Akademi Kebidanan (AKBID) Muhammadiyah Makassar ini.
“Oleh karena itu, dalam rangka Syiar Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke 47 di Makasar tanggal 3-7 Agustus 2015, sosialisasi tentang bahaya dan penanggulangan TB perlu dilakukan. Diperkirakan Peserta dan Penggembira Muktamar akan mencapai 200.000. orang dan akan memenuhi kota Makasar,” pungkasnya.
Bentuk sosialisasi yang akan dilakukan berupa turut berpartisipasi dalam Pameran yang akan digelar di monument Mandala pada tanggal 2-6 Agustus 2015. Selain itu, Aisyiyah juga akan menggelar Talkshow TB yang akan menghadirkan kader TB ‘Aisyiyah dan mantan pasien TB di arena pameran.
“Insya Allah, salah satu agenda besar Muktamar ‘Aisyiyah di Makassar adalah perumusan grand strategi penanggulangan TB di Indonesia. Sebagai bagian dari masyarakat sipil, kami akan selalu membantu negara dalam memerangi penyakit menular, termasuk TB,” tutupnya.

Share this article :

Terpopuler

 
Bersama TB Aisyiyah Sulsel
Membangun Kemandirian Masyarakat Berantas Tuberculosis
Copyright © 2012 - 2017. Aisyiyah Peduli - All Rights Reserved