Home » » ‘Aisyiyah Wajo Inisiasi Pembentukan Forum STOP TB

‘Aisyiyah Wajo Inisiasi Pembentukan Forum STOP TB

Written By Aisyiyah Peduli on Rabu, 04 November 2015 | 22.44

'Aisyiyah Wajo Peringati Hari TB Sedunia Tahun 2015

Wajo - Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Wajo menyatakan keprihatinannya terhadap tren peningkatan angka penyakit Tuberculosis (TB) di Kabupaten Wajo beberapa tahun terakhir. “Tahun 2010 sebesar 146 orang, tahun 2011 sebanyak 180 orang, tahun 2012 ada 183 orang, dan tahun 2013 mencapai 210 orang. Hal ini perlu mendapat perhatian serius semua pihak, mengingat setiap penderita TB berpotensi menularkan ke 10 orang lainnya,” ungkap Ketua Pimpinan Daerah (PD) ‘Aisyiyah, Hj. Rahimi, di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Wajo, Jl. Datuk Sulaeman - Sengkang, Kamis (5/11).
Rahimi mengajak semua pihak untuk bersatu menanggulangi penyakit ini. “Tuberkulosis adalah musuh semua orang, tidak mengenal agama, etnis, atau bangsa. Melawan penyakit ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan semua kalangan, termasuk Ormas dan LSM,” katanya.
Ketua Majelis Kesehatan PD ‘Aisyiyah Wajo Hj. Nahdah menambahkan, sejak tahun 2012 ‘Aisyiyah Wajo mulai terlibat dalam penanggulangan TB. “Aisyiyah telah melatih kurang lebih 60 orang kader, 30 tokoh agama, serta ratusan Pengawas Menelan Obat (PMO) yang berasal dari keluarga pasien,” paparnya.
Data terbaru tahun 2015, Januari hingga September, ‘Aisyiyah Wajo telah mendampingi sekitar 101 orang penderita TB. “Sejak kami terlibat dalam program ini, rata-rata kami bisa memberikan sumbangsih capaian 10 - 15 %, dari total temuan penderita TB di Wajo setiap tahunnya,” tandas Hj. Nahdah, Ketua Majelis Kesehatan PD ‘Aisyiyah Wajo.
Jika komponen masyarakat lainnya, sambung Nahdah, juga terlibat dalam penanggulangan TB, maka tidak mustahil penyakit TB dapat sirna dari daerah santri ini. ‘Aisyiyah telah melakukan pertemuan dengan sejumlah komponen pemerintah dan masyarakat untuk bersinergi dalam menangani penyakit yang mematikan ini.

“Kesimpulan dari sejumlah pertemuan itu, kami akan membentuk Forum STOP TB Partnership di Kabupaten Wajo. Forum bertujuan untuk mengajak masyarakat luas untuk berperan dalam pemberantasan TB. Kami berharap, berbagai kalangan, baik dari tenaga kesehatan, pengusaha, birokrat, legislator, aktivis LSM, tokoh masyarakat, tokoh agama, budayawan, dan lain-lain bersedia bergandengan tangan menanggulangi penyakit pembunuh nomor satu di dunia ini,” ajak Nahdah.
Share this article :

Terpopuler

 
Bersama TB Aisyiyah Sulsel
Membangun Kemandirian Masyarakat Berantas Tuberculosis
Copyright © 2012. Aisyiyah Peduli - All Rights Reserved