Home » » DPRD Makassar Nyatakan Support ke Aisyiyah untuk Kebijakan Berantas TB

DPRD Makassar Nyatakan Support ke Aisyiyah untuk Kebijakan Berantas TB

Written By Aisyiyah Peduli on Senin, 03 Oktober 2016 | 05.51



Makassar- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, Hamzah Hamid, menyatakan dukungan penuh kepada Pimpinan Daerah 'Aisyiyah kota Makassar dalam usaha penaggulangan penyakit Tuberculosis di kota Daeng. Usaha Aisyiyah dalam penaggulangan penyakit menular ini, katanya patut mendapat apresiasi dan support melalui kebijakan baik berupa Perda, perubahan ataupun penambahan anggaran untuk penaggulangan TB.

"Sudah kurang lebih tiga tahun perjuangan Aisyiyah untuk mendorong kebijakan ini tapi tak kunjung ada hasil yang riil. Kami merasa malu sebenarnya, tapi sejujurnya kami tetap mengawal apa yang diperjuangkan teman-teman Aisyiyah. Atas hal ini saya kira perlu duduk bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan selaku pihak eksekutif untuk tahu berapa sebenarnya anggaran yang dibutuhkan untuk penanggulangan TB ini," tegas Hamzah Hamid, pada kegiatan Advokasi dan Kebijakan Kunci Community TB-HIV Care Aisyiyah Makasar, di Hotel Ramedo, Jl Landak, Senin (3/10) sore.

Menurut Hamzah, DPRD Makassar akan selalu terbuka dengan apa yang diusulkan oleh Dinas, apalagi itu menyangkut persoalan penyakit menular seperti TB. "Kita tinggal menunggu usulan Dinas, jadi kalau usulan itu ada kita tindaklanjuti dan perjuangkan untuk masuk prolegda.  Bahkan nanti, bila tidak Perda, kita perjuangkan lagi dengan Perda Inisiatif," jelasnya.

Sementara itu, Ketua PDA Kota Makassar, Siti Hamdana Dachlan, mengungkapkan, penyakit Tb di Kota Makassar cukup tinggi, bahkan tertinggi diantara daerah yang ada di Sulsel. "Dari data Dinas Kesehatan, tahun 2015 saja tak kurang dari 6000 warga yang terinfeksi TB, dengan ditemukan baru sekitar 2000, sehingga masih banyak yang belum ditemukan, itu belum dengan tingkat persebarannya yang cepat," terangnya.

Oleh karena itu, lanjut Hamdana, peran serta dan dukungan dari semua kalangan baik ormas, NGO terkait, masyarakat umum, dan khususnya pengambil kebijakan sangat dibutuhkan dalam upaya penaggulangan TB ini.

Pertemuan ini sendiri dihadiri oleh sejumlah PD Aisyiyah Makassar, pengelola program TB care Makassar dan sulsel, kader TB, serta sejumlah aktivis NGO dari NGO HIV dan KMP TB-MDR. Dinas Kesehatan berhalangan hadir pada kesempatan tersebut.
Share this article :

Terpopuler

 
Bersama TB Aisyiyah Sulsel
Membangun Kemandirian Masyarakat Berantas Tuberculosis
Copyright © 2012. Aisyiyah Peduli - All Rights Reserved