Home » » Aisyiyah Sinjai Latih Puluhan Kader Penggulangan TB

Aisyiyah Sinjai Latih Puluhan Kader Penggulangan TB

Written By Aisyiyah Peduli on Selasa, 21 Februari 2017 | 20.50



Sinjai- 'Aisyiyah Sinjai melalui Community TB-HIV Care melatih puluhan kader penanggulangan Tuberculosis (TB) di Hotel Srikandi Sinjai. Pelatihan ini digelar pada pada 21-26 Februari 2017 dengan dua gelombang.

"Untuk gelombang pertama ini kami melatih sebanyak 24 kader, begitupun nanti di gelombang kedua. Kader-kader yang dilatih ini berasal dari 5 kecamatan se-kabupaten Sinjai," kata Koord TB Aisyiyah Sinjai, Agus Salim Yunus, Rabu (22/2/2017).

Selanjutnya, kader yang dilatih ini kata Agus, nantinya diharapkan aktif melakukan pencegahan dan penaggulangan TB dengan menemukan pasien-pasien terduga dan yang dinyatakan positif terjangkit TB untuk dapat segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

Sementara itu Ketua PD Aisyiyah Sinjai, Hj Hamdana Kantao, menekankan kepada kader untuk menjadi kader yang andal dalam menjalankan tugas nantinya dilapangan.

"Tugas kita adalah memutus mata rantai TB dengan menemukan orang terduga TB, mencatat dan melaporkan temuan, membawa terduga ke Puskesmas, memantau pengobatannya, melakukan pendampingan dan pembinaan minum obat sampai sembuh," papar Hamdana.

Ia juga mengingatkan tentang keterlibatan Aisyiyah dalam pengguangan TB yang telah berlangsung sejak tahun 2009, namun baru berjalan di Sinjai pada tahun 2017 ini.

"Keterlibatan Aisyiyah dalam Penanggulangan TB merupakan bentuk partisipasi nyata sebagai Civil Society dalam Penanggulan TB secara Nasional," katanya.

Dalam pelatihan gelombang pertama ini, hadir Wasor TB Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Hamsah launtu seta Koord TB-HIV Care Aisyiyah Sulsel, Wahriadi.
Share this article :

Terpopuler

 
Bersama TB Aisyiyah Sulsel
Membangun Kemandirian Masyarakat Berantas Tuberculosis
Copyright © 2012 - 2017. Aisyiyah Peduli - All Rights Reserved