Home » » Di Jeneponto Aisyiyah Ketuk 1000 Pintu Rumah Untuk Temukan Kasus TB

Di Jeneponto Aisyiyah Ketuk 1000 Pintu Rumah Untuk Temukan Kasus TB

Written By Aisyiyah Peduli on Senin, 06 Maret 2017 | 21.13



Jeneponto- Menyambut peringatan Hari TB sedunia pada 24 Maret 2017, Aisyiyah Kabupaten Jeneponto memulainya dengan membuat program Gerakan Ketuk Pintu 1000 Rumah Warga.

Mengandeng langsung Dinas Kesehatan,  sebanyak 48 kader TB diterjunkan langsung untuk melaksanakan program tersebut, yang dimulai pada Selasa (7/3/2017), melalui SSR Community TB-HIV Care Aisyiyah Jeneponto.

"48 kader berpencar secara berkelompok untuk mendatangi rumah ke rumah dan mencari warga yang diduga menderita penyakit TBC di masing-masing wilayah Puskesmas. Pagi ini kami mulai di wilayah Puskesmas Tamalatea, untuk lanjut di titik wilayah lainnya. Hal ini akan kami lakukan hingga 14 hari ke depan di Jeneponto," kata Koordinator SSR TB Care Aisyiyah Jeneponto, Syahrul Sarea.

Syahrul juga mengatakan bahwa para kader juga mengedukasi warga mengenai adanya anggapan jika TBC tidak diakibatkan keturunan atau kutukan.

"Para kader ini telah terlatih untuk sosialisasi dan penanganan yang harus mereka lakukan," tandasnya.

Syahrul juga menjelasskan, di Jeneponto kasus TB masih banyak dengan rata-rata ratusan kasus pertahun, dimana Aisyiyah sendiri telah berkontribusi untuk penemuan kasus TB di Jeneponto sejak tahun 2016 lalu.

Tampak Wasor TB Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, Rinal turut berbaur bersama pulhan para kader Aisyiyah dalam kegiatan tersebut.

Gerakan Ketuk Pintu 1000 Rumah Warga akan dijalankan mulai hari ini, Selasa hingga 20 Maret 2017. Selain gerakan ini juga akan ada kegiatan lain seperti dialog publik tentang TB, lomba pengetahuan TB pelajar SMA se-Jeneponto, jalan sehat, dan lain-lain.
Share this article :

Terpopuler

 
Bersama TB Aisyiyah Sulsel
Membangun Kemandirian Masyarakat Berantas Tuberculosis
Copyright © 2012. Aisyiyah Peduli - All Rights Reserved