Home » » SSR TB Care Aisyiyah Parepare Bentuk KMP TB-MDR

SSR TB Care Aisyiyah Parepare Bentuk KMP TB-MDR

Written By Aisyiyah Peduli on Rabu, 15 Maret 2017 | 21.47



Parepare- Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Parepare menghelat pertemuan dengan sejumlah organisasi profesi kesehatan, organisasi otonom Muhammadiyah serta Dinas Kesehatan Parepare di Hotel Kenari Parepare, Kamis (16/3/2017).

Pertemuan tersebut adalah untuk menggalang kekuatan dalam penggulangan TB-MDR atau TB Kebal Obat di Kota Bandar Madani. Analisa situasi TB-MDR dipaparkan langsung oleh Wasor TB Dinas Kesahatan Parepare dan Koord Program TB Care Aisyiyah Parepare, Muh Kasman. Sementara pemetaan potensi komunitas diuraikan oleh Kasri Riswadi dari TB Care Aisyiyah Sulsel.

Belum optimalnya penggulangan TB dan TB-MDR di kota Parepare menjadi alasan utama diselanggarakannya pertemuan itu. Pemerintah dinilai tak bisa bila jalan sendiri, karena keterbatasan sumber daya manusia, fasilitas dan jejaring untuk menjangkau masyarakat, sehingga kemitraan dari berbagai pihak diperlukan dalam menangani persoalan tersebut.

"Kami sendiri di Aisyiyah juga telah bergerak, baik melalui penyuluhan, pencarian suspek, pendampingan berobat, maupun pemberian nutrisi, namun itu semua pun belum dirasa cukup," ujar Koordinator TB Aisyiyah, Muh Kasman.

Melalui pertemuan ini, mereka sepekat membentuk Komunitas Masyarakat Peduli (KMP) TB-MDR. Pembentukan KMP tersebut diharapkan dapat membantu Dinas Kesehatan dan juga Aisyiyah dalam upaya sosialisasi TB dan mobilisasi segala potensi dalam penaggulangan TB-MDR.

"Kita berharap melalui KMP ini nantinya dapat membangun kemandirian serta rencana kegiatan dan langkah strategis baik dalam melakukan edukasi di masyarakat, membantu pasien maupun menggalang dana karena mahalnya biaya pengobatan untuk TB-MDR," harap Ketua PDA, Hj Andi Hikmah.
Share this article :

Terpopuler

 
Bersama TB Aisyiyah Sulsel
Membangun Kemandirian Masyarakat Berantas Tuberculosis
Copyright © 2012. Aisyiyah Peduli - All Rights Reserved